UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOCABULARY SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Syarifuddin Syarifuddin, Dahliana Dahliana

Abstract


Penelitian ini merupakan PTK dengan dua siklus menggunakan teori kemmis dan taggart. penelitian dilakukan pada siswa kelas III di MIN 17 HSU yang terdiri dari 19 siswa. Menggunakan media gambar, sampel dipilih dengan teknik cluster random class, instrumen adalah tes hasil belajar. Dari dua kali siklus didapat hasil nilai siswa meningkat dari 74 dan pada siklus II menjadi 81 dengan kenaikan 7 poin. Adapun untuk aktivitas siswa pun meningkat pada siklus II dari skor pada siklus I aktivitas siswa adalah 77 dan pada siklus II menjadi 81 mendapat kenaikan 4 poin. Sedangkan observasi yang dilakukan oleh guru pendamping terhadap guru pelaksana penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dan II hasilnya sama yaitu kriterianya sudah mencapai target yang diharapkan. Dengan demikian pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal kosakata dengan materi pokok part of body.

References


Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Penerbit LeutikaPrio.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Hutapea, P., & Thoha, N. (2008). Kompetensi Plus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

P Robbins, S., & A Judge, T. (2008). Perilaku Organisasi 1 (ed. 12) HVS. Jakarta: Penerbit Salemba.

Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2018). Media Pembelajaran (2nd ed.). Jember: CV Pustaka Abadi.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian. Bandung: CV.Wacana Prima.

Syarifuddin. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/SAJIE/article/view/1657/pdf, 2(1), 51–66.

terjemah - Penelusuran Google. (n.d.). Retrieved 22 September 2019, from https://www.google.com/search?q=terjemah&oq=terjemah&aqs=chrome..69i57j35i39j0l4.2633j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Tim Penyusun, Sugono, D., Sugiyono, Maryani, Y., & Taqdir Qodratillah, M. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Usman, M. (2015). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan: : Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.

Video Siswa Teriaki dan Melawan Guru karena Ditegur saat Merokok, Dispendik Gresik Masih Menelusuri - YouTube. (n.d.). Retrieved 22 March 2020, from https://www.youtube.com/watch?v=115YvVsqUq4




DOI: https://doi.org/10.35529/jllte.v2i1.61-88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Syarifuddin Syarifuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto toto slot toto slot barbartoto barbartoto Strategy Mahjong Ways 2 Membangun Wild Confidence untuk Menemukan Versi Terbaik Diri Sendiri di Tahun 2025 Putaran Gratis Mahjong Ways 2 Masuk Tren Media Sosial Jadi Simbol Kebebasan Baru di Dunia Virtual Strategy Mahjong Ways 2 dan Budaya Fokus di Tengah Era Multitasking yang Melelahkan Strategy Mahjong Ways 2 Diperbincangkan di Forum Digital sebagai Metafora Hidup yang Tak Bisa Ditebak Mahjong Ways 3 dan Wild Harmony di Tengah Kehidupan Urban yang Penuh Tantangan dan Inspirasi Strategy Mahjong Ways 2 dan Semangat Hidup Minimalis yang Mulai Mendominasi Tren Perkotaan Mahjong Ways 3 Menyusup ke Dunia Mode dari Warna, Pola, hingga Filosofi Desain Modern BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO TOTO 4D TOTO 4D TOTO 4D TOTO SLOT SLOT TOTO SLOT THAILAND TOTO SLOT TOTO SLOT BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO SLOT777 SLOT88