Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Melalui Metode SQ3R Mahasiswa Perikanan Universitas Islam Madura

Rahmawati Ardila, Moh. Taufiq Hidayat

Abstract


Bahasa merupakan komponen terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa melanjutkan kelangsungan hidup mereka dengan baik dan teratur tanpa adanya bahasa. Mereka tidak bisa berinteraksi dengan mudah dan baik jika mereka tidak menguasai bahasa antara satu sama lain dan dengan tidak adanya kesinambungan tersebut mereka juga tidak dapat menangkap ekspresi kejiwaan maupun keinginan yang diutarakan oleh lawan komunikasinya. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Madura ( UIM) Pamekasan disebabkan rendahnya kemampuan mahasiswa khususnya Fakultas Pertanian dalam membaca  dan hal tersebut menjadi masalah yang dominan dalam penelitian ini. Seorang pengajar merupakan manusia biasa yang tidak luput dari segala kekurangan dan keterbatasan yang meliputi keterbatasan ilmu pengetahuan, manajemen/pengelolaan kelas, serta keterbatasan dalam memahami karakter masing-masing peserta didiknya. Pembelajaran membaca memang mempunyai peranan penting sebab melalui pembelajaran membaca, dosen dapat mengembangkan nilai-nilai moral, kemampuan bernalar dan kualitas peserta didik. Metode SQ3R merupakan salah satu bagian dari sebuah metode elaborasi. Seorang pengajar mengharapkan peserta didik/mahasiswa mampu mengingat apa yang mereka baca, dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca intensif sehingga pembelajaran bisa lebih menantang dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kuantitatif, yaitu kemampuan mahasiswa dalam membaca text Bahasa Inggris di Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan.

Kata kunci  :  Metode  SQ3R, Membaca Intensif.

 


Full Text:

PDF

References


Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana Prima

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajarandan Pembelajaran (Isu-isu Metodis).Yogyakarta: PustakaPelajar

Moleong, lexy. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosada Karya Bandung

Nurhadi, 1987. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Malang : Sinar Baru Algensindo

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara Slavin

Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Sudjana, 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Tarigan, HenryGuntur. 2008. Membaca (SebagaiKeterampilanMembaca). Bandung: Angkasa Bandung

Tim Pusataka Phoenix.2010.Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Baru).Jakarta:PT.Media Pusataka Phoenix Jakarta.

Tim Reality, 2008. Kamus Terbaru Bahasa Indonesia, Surabaya: PT.Reality Publisher




DOI: https://doi.org/10.35529/jllte.v1i3.64-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rahmawati Ardila, Moh. Taufiq Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto barbartoto toto slot toto slot barbartoto barbartoto Strategy Mahjong Ways 2 Membangun Wild Confidence untuk Menemukan Versi Terbaik Diri Sendiri di Tahun 2025 Putaran Gratis Mahjong Ways 2 Masuk Tren Media Sosial Jadi Simbol Kebebasan Baru di Dunia Virtual Strategy Mahjong Ways 2 dan Budaya Fokus di Tengah Era Multitasking yang Melelahkan Strategy Mahjong Ways 2 Diperbincangkan di Forum Digital sebagai Metafora Hidup yang Tak Bisa Ditebak Mahjong Ways 3 dan Wild Harmony di Tengah Kehidupan Urban yang Penuh Tantangan dan Inspirasi Strategy Mahjong Ways 2 dan Semangat Hidup Minimalis yang Mulai Mendominasi Tren Perkotaan Mahjong Ways 3 Menyusup ke Dunia Mode dari Warna, Pola, hingga Filosofi Desain Modern BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO TOTO 4D TOTO 4D TOTO 4D TOTO SLOT SLOT TOTO SLOT THAILAND TOTO SLOT TOTO SLOT BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO BARBARTOTO SLOT777 SLOT88