ISSN 2656-9531
Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Melalui Metode SQ3R Mahasiswa Perikanan Universitas Islam Madura
Abstract
Bahasa merupakan komponen terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa melanjutkan kelangsungan hidup mereka dengan baik dan teratur tanpa adanya bahasa. Mereka tidak bisa berinteraksi dengan mudah dan baik jika mereka tidak menguasai bahasa antara satu sama lain dan dengan tidak adanya kesinambungan tersebut mereka juga tidak dapat menangkap ekspresi kejiwaan maupun keinginan yang diutarakan oleh lawan komunikasinya. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Madura ( UIM) Pamekasan disebabkan rendahnya kemampuan mahasiswa khususnya Fakultas Pertanian dalam membaca dan hal tersebut menjadi masalah yang dominan dalam penelitian ini. Seorang pengajar merupakan manusia biasa yang tidak luput dari segala kekurangan dan keterbatasan yang meliputi keterbatasan ilmu pengetahuan, manajemen/pengelolaan kelas, serta keterbatasan dalam memahami karakter masing-masing peserta didiknya. Pembelajaran membaca memang mempunyai peranan penting sebab melalui pembelajaran membaca, dosen dapat mengembangkan nilai-nilai moral, kemampuan bernalar dan kualitas peserta didik. Metode SQ3R merupakan salah satu bagian dari sebuah metode elaborasi. Seorang pengajar mengharapkan peserta didik/mahasiswa mampu mengingat apa yang mereka baca, dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca intensif sehingga pembelajaran bisa lebih menantang dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kuantitatif, yaitu kemampuan mahasiswa dalam membaca text Bahasa Inggris di Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan.
Kata kunci : Metode SQ3R, Membaca Intensif.
Full Text:
PDFReferences
Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana Prima
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajarandan Pembelajaran (Isu-isu Metodis).Yogyakarta: PustakaPelajar
Moleong, lexy. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosada Karya Bandung
Nurhadi, 1987. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Malang : Sinar Baru Algensindo
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara Slavin
Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Sudjana, 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Tarigan, HenryGuntur. 2008. Membaca (SebagaiKeterampilanMembaca). Bandung: Angkasa Bandung
Tim Pusataka Phoenix.2010.Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Baru).Jakarta:PT.Media Pusataka Phoenix Jakarta.
Tim Reality, 2008. Kamus Terbaru Bahasa Indonesia, Surabaya: PT.Reality Publisher
DOI: https://doi.org/10.35529/jllte.v1i3.64-79
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rahmawati Ardila, Moh. Taufiq Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












