ISSN 2656-9531
Pengaruh Menonton Film Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton film terhadap kemampuan menulis cerita inspiratif oleh siswa kelas IX SMP Negeri 40 Medan. Jenis desain dalam penelitian ini memakai pre-experimental design (nondesign) yaitu bentuk one-group pretest-posttest design. Bentuk desain penelitian ini hanya memakai satu kelas saja yang akan diteliti. Satu kelas tersebut akan diuji terlebih dahulu dengan diberi tugas yang disebut pretest. Setelah itu kelas tersebut diberi perlakuan dengan menerapkan variabel bebas saat mengajarkan variabel terikat kepada siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh media filmOrang Pinggiranterhadap kemampuan siswa menulis teks cerita inspiratif adalah menggunakan teks penugasan yang ditujukan kepada siswa yang menjadi sampel penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada nilai pre-test dan post-test. Hal ini terbukti dengan nilai thitung Lebih besar ttabel (tHitung lebih besar tTabel yaitu 13,69 lebih besar 2,04) maka Ho ditolak. Sehingga dinyatakan bahwa media film Orang Pinggiran berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif.
Kata Kunci: film, menulis, cerita inspiratif
Full Text:
PDFReferences
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Depok:Rajagrafindo Persada.
Kosasih dan Kurniawan. (2018). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Saragih, Elza. (2016). Keterampilan Kritis dan Ilmiah. Bahan Ajar. Medan:Program S1 Pendidikan dan Sastra Bahasa Indonesia. Universitas HKBP Nommensen Medan.
Zainurrahman. (2018). Menulis Dari Teori Hingga Praktik (Penawar RacunPlagiaris
me). Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.35529/jllte.v1i2.107-116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Fitri Pebriani Simanjuntak, Tigor Sitohang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.