Penggunaan Bahasa Mandarin Dalam Penamaan Obat Tradisional China

Shindy Shindy, Lyna Lyna

Abstract


Penamaan merupakan bagian dari aspek kebahasaan morfologi. Kata berperan sebagai pemberi nama pada suatu objek yang dapat berupa benda, manusia, nama produk, gagasan atau konsep. Pada saat ini penggunaan obat tradisional China sebagai obat alternatif diluar penggunaan obat entitas kimia sudah semakin marak. Pemahaman mengenai penamaan obat tradisional China tentu dapat mempermudah konsumen ketika memilih obat.Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan aspek kebahasaan yang digunakan dalam penamaan obat tradisional China. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 50 nama obat tradisional China.

Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa penamaan obat tradisional China pada umumnya menggunakan dua jenis penamaan atau lebih secara bersamaan. Hasil penelitian bahwa penamaan berdasarkan bentuk obat merupakan penamaan yang paling banyak ditemukan yaitu terdiri dari 42 nama obat, penamaan berdasarkan fungsi utama terdiri dari 11 nama obat, penamaan berdasarkan jumlah dan komponen resep terdiri dari 11 nama obat, penamaan berdasarkan komponen utama  dan  kegunaan  obat  terdiri  dari  6  nama  obat, penamaan berdasarkan komposisi terdiri dari 5 nama obat, penamaan berdasarkan pengguna terdiri dari 5 nama obat, penamaan  berdasarkan  bahasa  medis  pengobatan  China terdiri dari 5 nama obat, penamaan berdasarkan jumlah dosis terdiri dari 3 nama obat, penamaan berdasarkan penemu resep atau asal obat terdiri dari 3 nama obat, penamaan berdasarkan sumber resep terdiri dari 2 nama obat, dan penamaan berdasarkan warna terdiri dari 1 nama obat.

 

Kata-kata kunci: Penamaan, obat tradisional China.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Istijanto. 2005. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Kuncoro, M. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga. Marwoto, dkk. 1987. Komposisi Praktis. Yogyakarta: Hanindita.

Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Silalahi, U. 2006. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umi, N. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Winarno, S. 1980. Pengantar Penelitian Ilmiah., Bandung: Tarsito




DOI: https://doi.org/10.35529/jllte.v1i2.84-106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Shindy Shindy, Lyna Lyna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.