Kesalahan Goresan dan Pengurutan Goresan Dalam Penulisan Aksara Mandarin oleh Siswa/i Kelas 5 SD Jiayou-Modern Chinese Training Centre

Kesumawaty Wijaya, Agustina Agustina

Abstract


Dalam mempelajari Bahasa Mandarin ada beberapa komponen penting seperti pelafalan, penulisan, urutan goresan dan lain-lain. Salah satu komponen yang sering diabaikan adalah urutan goresan karena sering dianggap tidak penting. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melaksanakan penelitian tentang kesalahan pengurutan goresan dalam penulisan aksara Mandarin  oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan jenis kesalahan yang dilakukan subjek dalam penulisan pengurutan aksara Mandarin. Untuk  mencapai tujuan tersebut, peneliti  merancang penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan teknik elisitasi yang berupaya menyuruh subjek menulis ulang aksara Mandarin yang ditentukan dan prosesnya direkam dan dilakukan interview untuk memperoleh data faktor penyebab kesalahan. data yang terkumpul akan dikelompokan, diuraikan sehingga kesimpulan dari penelitian ini dapat ditarik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan pengurutan goresan, kesalahan penulisan goresan, pengurangan   goresan,   dan   yang   paling   sedikit   adalah   penambahan   goresan. Sedangkan  faktor  penyebabnya  adalah kebiasaan menulis pengurutan  yang salah, ketidak telitian dalam menulis, keterbatasan ingatan, dan kesalah pahaman kaidah atau aturan penulisan pengurutan goresan. Agar mengurangi kesalahan siswa/i dalam penulisan pengurutan goresan aksara Mandarin, sebaiknya guru menjelaskan lebih detail tentang goresan dan aturan penulisan urutan goresan.

 

 

Kata kunci: penulisan, urutan goresan, bahasa Mandarin


Full Text:

PDF

References


Zhou Jian. 2006. Han zi gui lv. Beijing: Ren min jiao yu chu ban she.

Puspita, M.A. dkk. (2017). Analisis Kesalahan Penulisan Goresan Karakter Mandarin Mahasiswa Semester Iv Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Journal of Chinese Learning and Teaching.

Ruixia, Z. (1997). Xue sheng xie cuo bie zi de yuan yin ji jiu zheng cuo shi. Hei Long Jiang: Hei Long Jiang jiao yu. Diakses dari http://wuxizazhi.cnki.net/article/HLLJ703.023.html.




DOI: https://doi.org/10.35529/jllte.v1i2.32-41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kesumawaty Wijaya, Agustina Agustina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.